Thursday, June 7, 2012

CARA MENGKLASIFIKASIKAN ARTIKEL DALAM BLOG

Bagaimanakah caranya mengelompokkan artikel file pada Blog kita?...Pertanyaan ini sempat terbesit pada saya sendiri setelah saya baru memulai membuat Blog dan mengisinya dengan berbagai macam artikel yang sifatnya campur aduk...Maksudnya campur aduk adalah, bahwa artikel yang saya tulis tidak bersifat Idealis atau spesialisasi terhadap satu macam hal, namun segala macam artikel yang saya buat dari pertama kali Blog saya tercipta berbeda-beda topiknya. Kadang artikel saya berisi yang sifatnya berita hiburan biasa sampai artikel yang bersifat memberi atau berbagi info terhadap sesama blogger2 pemula seperti saya sendiri.




Nah...setelah sekian lama dan artikel pun terkumpul lumayan banyak, saya pun bertanya, gimana ya caranya mengelompokkan artikel yang saya buat ke dalam label yang di pisahkan berdasarkan sifat atau isi dari artikel tersebut. Seperti halnya file2 yang di kumpulkan pada folder2 yang isi dari folder tersebut sudah di kelompokkan ke dalam satu sifat yang sejenis.

Fungsi pengelompokkan itu sendiri adalah untuk mempermudah para pembaca yang mampir ke blog kita agar tidak di pusingkan dengan artikel yang acak-acakan, dan berikut ini adalah bagaimana caranya mengelompokkan artikel2 tersebut berdasarkan kategorinya.

Pertama anda harus masuk atau log in ke Blogger anda, kemudian pada Dashboard anda klik Edit Post yang terdapat pada bagian Menu Posting.

Pada bagian Edit Posts, berisi file atau artikel2 yang telah anda buat dari awal pembuatan Blog, berikan tanda centang pada bagian sebelah kiri untuk artikel sejenis yang akan anda berikan kategori. Lalu pada Combo Box yang bertuliskan Label Action pilih "New Label" dan berikan nama kategori untuk artikel2 yang anda pilih tadi.

Setelah anda beri kategori untuk semua artikel yang sudah di kelompokkan. Masuk ke Menu Design dan pada Page Elements silahkan anda pilih posisi yang pas, untuk anda tempatkan Gadget Label yang akan anda tambahkan pada Blog anda. Setelah anda Add Gadget Labelnya kemudian Save dan Label Kategori sudah terpampang pada Blog anda. SELESAI.................Dan silahkan mencoba.

2 comments: